Implementasi Software Accounting Dalam Mewujudkan Pertanggungjawaban Keuangan Dan Akuntabilitas Publik Bagi LazisMu Kabupaten Madiun

Keywords:

Abstract

LazisMu adalah salah satu organisasi nirlaba yang berkegiatan dalam pengumpulan zakat, infak dan sedekah dari masyarakat. Sebagai salah satu bentuk pertanggungjawabannya adalah dengan memberikan laporan pertanggungjawaban, namun dalam hal pembuatan laporan pertanggungjawaban selama ini adalah tidak adanya tenaga terampil yang mampu menyusun laporan pertanggungjawaban dan keuangan yang sesuai dengan pedoman yang ada. Sebagai bentuk solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi LazisMu, maka perlu diadakan kegiatan pelatihan akuntansi yang berbasis teknologi. Pengenalan akuntansi umum dan khusus, yaitu PSAK 109 serta berlanjut dengan mengadakan pelatihan akuntansi dengan basis software akuntansi. Dalam pelatihan ini dilakukan dengan metode kelas, yang akan diberikan materi tentang akuntansi dan pemahaman akuntansi berbasis teknologi. Selanjutnya akan dilakukan review atas laporan keuangan yang selama ini dibuat dan dibuatkan solusi pemecahannya dalam pelatihan. Setelah dilakukan review maka dilanjutkan dengan pelatihan secara data untuk pembuatan laporan keuangan berbasis teknologi, yaitu dengan mengimplementasikan software accounting yang telah dibuat. Kegiatan ini tidak berhenti setelah diadakan pelatihan, namun dilakukan monitoring dan pendampingan dalam menyusun laporan keuangan dengan implementasi software accounting. Hasil yang dicapai dalam Program Kemitraan Masyarakat ini adalah tercapainya peningkatan kapasitas SDM di LazisMu dalam mengelola keuangan dan pertanggungjawabannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Abidah, Atik. 2011. Zakat, Filantropi Dalam Islam (Refleksi Nilai Spiritual dan Charity). STAIN Ponorogo Press.

IAI. 2008. ED Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 tentang Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah.

Megawati, Devi., Fenny Trisnawati. 2014. Penerapan PSAK 109 Tentang Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah Pada BAZNAS Kota Pekanbaru. Jurnal Kutubkhanah. Vol.17. No.01 Januari-Juni 2014.

Muhammad, Rifqi. 2016. Akuntabilitas Keuangan Pada Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Investasi. Vol.7. No.1. Hal.34-55.

Shahnaz, Sabrina. 2016. Penerapan PSAK 109 Tentang Pelaporan Keuangan Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah Pada BAZNAS Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol.16 No.01 Tahun 2016.

Sudibyo, Bambang. 2018. Gambaran Komprehensif Potensi Zakat Nasional Untuk Kesejahteraan Bangsa. Seminar Nasional dan Call For Paper “Menakar Potensi Zakat Nasional Untuk Kesejahteraan Sosialâ€. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Undang-Undang No.23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.



Title Implementasi Software Accounting Dalam Mewujudkan Pertanggungjawaban Keuangan Dan Akuntabilitas Publik Bagi LazisMu Kabupaten Madiun
Issue: Vol. 4 No. 2 (2019): JURNAL DAYA MAS
Section Articles
Published: Nov 25, 2019
DOI: https://doi.org/10.33319/dymas.v4i2.27
Author
  • Ahmad Kudhori
  • Lutfiyah Dwi Setia